Kebahagiaan adalah Ketika Anda Mengalahkan Rintangan dan Menundukkan Kesulitan. Perihnya Kesukaran Tidaklah Sebanding dengan Lezatnya Kemenangan (Syaikhuna Tabrani. ZA Al-Asyhi)

Profil us

Tabrani. ZA dilahirkan di sebuah desa terpencil di ujung pulau Sumatera (ACEH) tepatnya di Desa Ujung Tanah Kecamatan Lembah Sabil Aceh Barat Daya-Aceh, pada tanggal 14 Agustus 1986. Tabrani Anak dari (Alm) Prof. Dr. Tgk. Guru Banta Sulaiman ZA, MA. dengan (Almh) Hj. Siti Asiyah. Sejak kecil Tabrani sudah di tinggal oleh kedua orang tuanya yang berpulang kerahmatullah (Ya Allah Ampunilah dosa keduanya, lapangkanlah kubur keduanya, dan tempatkanlah keduanya dalam syurga Jannatun Na`im di sisi-Mu, amiin Ya Rabb). Tabrani dari kecil tinggal bersama abang-abang dan kakak-kakaknya yang sangat menyayangi dan mencintainya; hanya Allah SWT yang dapat membalas kebaikan mereka semua, dan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmad dan Hidayah-Nya kepada mereka semua Amiiiin ya Rabb.

Tabrani merupakan alumni dari Dayah/ Pesantren Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan, yang melanjutkan pendidikan di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, yang sebelumnya pernah mengenyam pendidikan dan pernah menjadi Mahasiswa pada International Islamic University of Malaysia (IIUM). Kemudian melanjutkan studi Master ke Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Program Pascasarjana Magister Studi Islam (MSI) dan pada waktu yang sama juga menempuh pendidikan pada Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Program Studi Magister Kajian Timur Tengah.
Tabrani aktif di beberapa organisasi yaitu HIPELMABDYA, FORSIMADYA, SMUR, HMI, Organisasi Kampus (HMJ, BEMAF, MPMI, FL2MI), PB-IMADA (Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Alumni Dayah Aceh), Rabithah THALIBAN Aceh, 3P (Program Penguatan Perdamaian Aceh), OKI (Organisasi Konferensi Islam), HIMPASAY (Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Aceh Yogyakarta). Tabrani pernah menjadi Pj. Ketua Umum HIPELMABDYA, Pj. FORSIMADYA, Ketua Umum PB-IMADA 2 periode 2008-2010 dan 2010-2012, Dewan Pembina HIPEMALSA. dan sejak Tahun 2012 menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerakan Intelektual Se-Aceh (GISA).

Tabrani merupakan Sekretaris Umum Pusat Komuniti Islam Yayasan Al-Insaniyah (PUSKIYAI) Aceh (Aceh for Islamic Community Center Al-Insaniyah Foundation), dan merupakan Trainer di Program Pendidikan Damai (PPD), Tenaga Pengajar (Dosen) di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Dosen Tetap pada Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh serta dosen tidak tetap di Universitas Syiah Kuala, UNMUHA, STAI-PTIQ, dan STAI PANTE KULU Banda Aceh. Tabrani juga aktif sebagai tenaga pengajar di Yayasan Perguruan Islam Babul Maghfirah. Di Samping itu, Tabrani sekarang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Study Center for Acehnese Democracy of Independent (SCAD Independent)-Pusat Studi Independent Demokrasi Aceh.

e-mail: itab_aceh@ymail.com
             tabrani_za@ymail.com
www.tabraniaceh.com

Be our fan on Facebook