Peran Ulama Redam Ideologi Terorisme di Kalangan Generasi Muda

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis dewasa ini, dunia termasuk Indonesia dihadapkan pada suatu bentuk ancaman nyata yang menjadi musuh bersama. Ancaman tersebut berupa tindak kejahatan terorisme yang membahayakan sendi-sendi kehidupan manusia karena menyebabkan hilangnya rasa aman dan sekaligus menimbulkan rasa cemas, takut serta mencekam di kalangan masyarakat.

Terorisme pada hakikatnya adalah kejahatan luar biasa terhadap kemanusiaan, dalam arti bahwa setiap terjadi ancaman terorisme di manapun, akan merupakan ancaman bagi seluruh umat manusia karena mengancam kedamaian nasional dan internasional.

Para ulama diharapkan berperan dalam memerangi terorisme dengan cara memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat/generasi muda mengenai ajaran agama, sosial serta bidang keilmuan lainnya. Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peranan dan tantangan ulama semakin berat sehingga diperlukan pemahaman keilmuan yang lebih luas guna menjawab tantangan zaman dan menyelamatkan umat dari cengkraman budaya kebebebasan yang tidak terbatas.

Ulama harus memberikan pemahaman yang lurus kepada masyarakat khususnya para generasi muda tentang ajaran agama yang benar, sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh salah satunya dari tindakan-tindakan terorisme. Secara umum akar permasalahan dari aksi-aksi terorisme itu adalah karena kurangnya pemahaman tentang ajaran agama, sosial dan pendidikan didukung dengan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Sehingga, jika pemahaman orang itu kurang ditambah dengan kesejahteraan yang rendah, apapaun bisa dilakukan termasuk aksi-aksi terorisme.

Melalui penyuluh-penyuluh agama dan para dai, ditekankan agar menyampaikan dakwah dan ajaran agama Islam yang moderat, teduh, damai sehingga menjadi rahmatan lilalamin.Selain itu, mengimbau kepada para orang tua agar memberikan pemahaman kepada anaknya supaya jangan sampai terkena bujuk rayu untuk melakukan tindakan-tindakan ekstreem seperti dalam bentuk terorisme tersebut.

Para dai harus menyampaikan pandangan Islam yang benar, utuh serta jangan mau diiming-imingi apapun. Penanggulangan terorisme dengan pendekatan kekerasan selama ini tidak bisa meredam terorisme. Malah menimbulkan bentuk radikal baru yang lebih keras.

Sumber: http://myzone.okezone.com/content/read/2011/06/30/5835/peran-ulama-redam-ideologi-terorisme-di-kalangan-generasi-muda

0 komentar:

Post a Comment