Belajar dari China, untuk Mengenal Diri Sendiri

Oleh: Novialdi* - 

CHINA menjadi salah satu negara super power baru di era ini.” Kutipan ini rasanya memang pantas disematkan bagi negeri Tirai Bambu yang dalam 3 dekade terakhir memiliki rata-rata pertumbuhan ekonomi lebih dari 10 persen yang jauh melampaui pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini membuat China dinobatkan sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terdahsyat abad ini.
Kesuksesan China ini hadir atas tekad dan kekonsistenan para pemimpin China untuk menjadikan negaranya kembali menjadi pusat peradaban atau yang diistilahkan dengan Zhung Quo.

Kemajuan yang dirasakan China saat ini tidak serta merta berasal dari kerja keras para pemimpinnya saja, tetapi kemajuan ini muncul sebagai buah dari etos kerja dan kedisiplinan yang tinggi dari bangsanya yang memang menjadi identitas yang dihadirkan atas jati diri bangsa China.

Dengan sumber daya alam yang jauh melimpah dan jumlah penduduk yang tak jauh berbeda dengan China rasanya Indonesia sudah memiliki bekal yang cukup untuk bisa mengikuti jejak China atau bahkan melebihinya. Mungkin yang masih membedakan antara Indonesia dengan China saat ini ialah kesadaran untuk menjadikan jati diri bangsa sebagai landasan untuk menjalankan pembangunan.

China mungkin memiliki jati diri yang menonjol dalam etos kerja dan disiplinnya, tetapi Indonesia pun juga punya jati diri yang tak kalah hebat yakni sifat ramah dan santun dalam bergaul.

Andai saja bangsa Indonesia sadar bahwa ternyata orang-orang dari negara lain sangat menghargai Indonesia dengan jati dirinya yang sangat ramah, santun serta murah senyum. Maka boleh dibilang Indonesia sudah sepatutnya kembali mensejajarkan diri dengan kemajuan yang dicapai oleh negara lain. Tetapi kembali lagi, modal berharga seperti ini ibarat seperti mutiara yang berada dalam lumpur, baru menjadi berharga saat sadar betapa bagus kilapnya saat sudah dibersihkan.

 
*Nofialdi adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2011/07/08/95/477427/belajar-dari-china-untuk-mengenal-diri-sendiri

0 komentar:

Post a Comment